Senin, 15 April 2013

RPP kelas VII melakukan operasi bentuk aljabar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                            Nama Sekolah    :  .....................
                                            Mata Pelajaran   :  Matematika
                                            Kelas                  :  VII
                                            Semester            :  1 ( Ganjil )

Standart Kompetensi  :  ALJABAR
                                          2. Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan
                                              linear satu variabel.
Kompetensi  Dasar      :  2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.

Indikator                      :   Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bentuk  aljabar.

 Alokasi Waktu             :   1 x 15 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melakukan operasi hitung penjumlahan pada bentuk aljabar
2.      Siswa dapat melakukan operasi hitung pengurangan pada bentuk aljabar
B. Nilai Karakter
·         Disiplin
·         Tekun
·         Teliti
·         Jujur
B. Materi Pembelajaran
v  Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar
                        Suatu bentuk aljabar yang mengandung suku-suku sejenis dapat disederhanakan   dengan cara menjumlahkan dan mengurangkan suku-suku sejenis yang ada.Proses ini dilakukan berdasarkan sifat distributif, yaitu sebagai berikut:
ab   +   ac    =   (  b   +   c)  a                     ab   -   ac    =   (  b   -   c)  a                  

Contoh :
3a  +  5a  =  ( 3  +  5 ) a  =  8a
6b  -  7b   =  ( 6  -  7 ) b  =  -1b ( ingat 1b biasanya ditulis b dan -1b biasanya ditulis –b ).
                       
Sedangkan suku-suku yang tak sejenis, sifat distributif tidak berlaku sehingga tidak dapat dilakukan penjumlahan dan pengurangan.
Contoh :
a)                   -6a + 3b  + 4a – b  =  -6a  +  4a +  3b  -  b
  =   ( -6  +  4 ) a  +   ( 3  -  1 )b
  =   -2a  +  2b

C. Model dan Metode Pembelajaran                                          
Model                   :  Pembelajaran Langsung
Metode                 :  Ceramah,  tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah - langkah Kegiatan
Pendahuluan :   -   Apersepsi : Mengaitkan materi  yang akan dipelajari dengan  
                              materi  sebelumnya.
  -   Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  -  Memotivasi kepada siswa bahwa materi ini penting dan berguna
      untuk memahami  materi selanjutnya.

Kegiatan Inti :
§  Eksplorasi
-         Menyajikan materi tentang operasi hitung  penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar.
-         Melibatkan peserta didik secara aktif  dan disiplin  dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
-         Memberikan penjelasan tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurang pada bentuk aljabar.
-         Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menstimulasikan rasa ingin tahu nya dengan mengajukan pertanyaan.
-         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas.
-         Peserta didik mengerjakan tugas dengan tekun, teliti dan jujur.
§ Konfirmasi
-         Memfasilitasi peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
-         Memberi umpan balik positif dan penguatan.

Kegiatan Akhir :
-          Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan
          pelajaran dari materi yang telah dpelajari.
-          Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
Dilaksanakan.
-          Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.
E. Alat dan Sumber Belajar
 Alat                       :  Papan tulis, Spidol, Laptop, LCD
Sumber Belajar      :  Buku paket matematika kelas VII
F. Penilaian Hasil Belajar
     SOAL
1.      Salin dan lengkapilah bentuk aljabar berikut :
a.     2m  +  3m  =  ( 2 + ... ) m = ...
b.    5a   +   4a  =  ( ... +  4 ) a  = ...
c.     8y   -   5y  =  ( ... -  5 )  y  = ...
d.    12p  -  7p  =  ( 12 - ... )  p  = ...
       2.   Sederhanakanlah  bentuk aljabar berikur :
a.    6x + x – 4x + 2x
b.   5x – 6x + 2x – 3x
                   c .  -4y + (-4y) + 5y  - 10y
d.    6a + 3a – 5a + (- 2a )
     3.   Kurangkan bentuk aljabar berikut :
a.    3x  -  2z  dan  5y  +  4z
b.   -6p + 3q  dan  - 3p -  7 q

Kunci Jawaban dan Teknik Penskoran

    
No.
Kunci Jawaban
Skor
   1.a
2m  +  3m  =  ( 2 +  3 ) m =  5m
5
b
5a   +   4a  =  ( 5 +  4 ) a  =  9a
5
c
8y   -   5y  =  ( 8 -  5 )  y  =  3y
5
d
12p  -  7p  =  ( 12 - 7 )  p  = 5p
5
  2.a
6x    +  x    -  4x + 2x  =  ( 6  + 1  - 4 + 2)  x 
                                   = 5x
5
5
b
5x – 6x + 2x – 3x =  ( 5 – 6 + 2 – 3 ) x
                             =   -2x
5
5
c
-4y + (-4y) + 5y  - 10y  = ( -4  - 4 + 5 – 2 ) y
                                      = 3y
5
5
d
6a + 3a – 5a + (- 2a )     =   ( 6 + 3 – 5 – 2 ) a
                                       =    2a
5
5
3. a
(3y – 2z ) – (5y + 4z )   = 3y – 5y -  2z – 4z
                                      =  ( 3 -5 )y + (- 2 - 4 )z
                                      =  -2y – 6z
10
5
5
b
( -6p + 3q ) – ( -3p – 7q ) = -6p + 3p + 3q +7q
= (-6 + 3 )p + ( 3 + 7 ) q
= - 3p + 10q
10
5
5
Total Skor
100






Mengetahui,
 Kepala Sekolah

(                                     )
NIP/NIK :.........................
Madiun, 5 Maret 2013
Guru Mapel Matematika


(     Sri  Suyanti    )
NPM : 10 411 190
SOAL !
1.Salin dan lengkapilah bentuk aljabar berikut :
e.     2m  +  3m  =  ( 2 + ... ) m = ...
f.     5a   +   4a  =  ( ... +  4 ) a  = ...
g.    8y   -   5y  =  ( ... -  5 )  y  = ...
h.    12p  -  7p  =  ( 12 - ... )  p  = ...
       2.   Sederhanakanlah  bentuk aljabar berikur :
a.    6x + x – 4x + 2x
b.   5x – 6x + 2x – 3x
                   c .  -4y + (-4y) + 5y  - 10y
d.    6a + 3a – 5a + (- 2a )
     3.   Kurangkan bentuk aljabar berikut :
a.    3x  -  2z  dan  5y  +  4z
b.   -6p + 3q  dan  - 3p -  7 q